Foke Belum Rehap Gereja Immanuel

December 12, 2010 at 8:38 am Leave a comment


Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo atau akrab disapa Foke pernah berjanji akan memperbaiki kerusakan Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, salah satu cagar budaya di Jakarta. Hampir setahun berlalu, bagaimana kondisi Gereja yang dibangun sekitar 171 tahun lalu itu?

Pendeta Deni Matulapelwa, pimpinan Gereja mengatakan, belum ada perbaikan sama sekali oleh pemerintah dalam satu tahun terakhir. Menurut Pendeta, baru ada pembicaraan dua kali dengan pihak Pemerintah Provinsi pasca janji Foke itu.

“Belum ada perbaikan. Kita sudah ada pendekatan. Kita berpikir positif saja, mungkin ada yang lebih prioritas,” kata Pendeta ketika ditemui Kompas.com seusai ibadah, Minggu (12/12/2010).

Pantauan Kompas.com, kerusakan parah terlihat disalah satu siku atap Gereja. Siku atap itu runtuh dan terlihat batu bata. Selain itu, dinding bangunan di beberapa titik serta tiang-tiang bagunan keropos. Kaca dibeberapa jendela pecah serta tanaman liar tumbuh di atas bangunan.

Pendeta menjelaskan, pihaknya hanya mampu melakukan perawatan dan rehap-rehap kecil dengan dana dari jemaat. Pihaknya tidak mampu melakukan rehabilitasi lantaran biaya yang sangat tinggi. Hasil perhitungan tim ahli bangunan tahun 2007, diperlukan dana sekitar Rp 10 miliar untuk merehabilitasi seluruh bangunan Gereja.

“Kita belum hitung lagi biaya rehab. Kemungkinan akan membengkak 10 persen. Kita cuma bisa pemeliharaan bangunan. Yang kami usahakan kubah jangan bocor agar tidak merusak panel khususnya kayu, terus ngecat dinding. Jemaat agak berat untuk merestorasi,” jelas dia.

Pihaknya, tambah Pendeta, berharap Gubernur menepati janjinya. “Kami tentu masih sangat mengharapkan bantuan konkrit dari pemerintah daerah agar kucurkan dana dari APBD yang dipersiapkan khusus untuk itu. Itu bentuk kepedulian pemerintah terhadap bangunan bersejarah,” kata dia.

Jika Foke kembali memantau ibadah malam Natal tahun ini, apakah Anda akan menagih janji itu? “Tentu saja dengan harapan kalau dulu janji, terus datang sekali lagi langsung action,” jawab Pendeta.

Janji itu dia sampaikan saat memantau ibadah malam Natal tahun lalu, Kamis (24/12/2009). Di hadapan ratusan jemaat, Foke mengatakan,”Hari ini saya melihat ada kerusakan. Besok saya akan mencari orang yang paling ahli untuk perbaiki ini. Kalau tidak ada ahli di Indonesia, saya akan mencari kawan-kawan saya yang ada di negeri Belanda.”

sumber : kompas.com

 

Entry filed under: Berita. Tags: , , , , .

Massa Razia Gereja HKBP di Rancaekek – Bandung Sentuhan Kasih Jemaat Gereja Mawar Sharon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Silahkan kunjungi website baru kami YesusCintaIndonesia.com

Categories


%d bloggers like this: