Benedictus XVI Dijuluki ‘Paus Hijau’

December 5, 2010 at 12:07 am Leave a comment


PAUS Benedictus XVI segera dikenal sebagai ‘Paus Hijau’ selama memimpin Gereja Katholik. Ia juga berceramah tentang penggunaan energi berkelanjutan dan ia bukan sekadar berceramah tapi diwujudkan dalam tindakan.

Pada tahun 2008, photovoltaic cells atau yang kita kenal sebagai panel surya dipasang di atas atap auditorium Vatikan. Tahun 2009, unit pendingin bertenaga matahari dipasang di
kafetaria Vatikan.

Washington Post melaporkan bahwa Paus Benedict ingin kembali melangkah ke depan dalam hal ramah lingkungan dengan memiliki mobil Kepausan bertenaga matahari. Pihak Vatikan mengatakan bahwa transportasi Paus bertenaga surya akan menggelinding untuk menghormati pesan Paus dalam mempromosikan penggunaan energi berkelanjutan.

Meskipun gagasan Paus sangat bagus dan sejalan dengan isu pemanasan global dan lingkungan, sejauh ini belum ada produsen mobil yang menanggapi dan memenuhi keinginan Paus.

Firma Jerman SolarWorld yang menginstalasikan panel surya di atap auditorium Vatikan mengatakan bahwa pihaknya bisa saja membuatkan Paus mobil bertenaga listrik matahari, tetapi pimpinan pemasaran Milan Nitzschke mengklaim bahwa hambatan utama adalah mendapatkan persetujuan dari pihak keamanan Vatikan dalam upaya tersebut.

Ada kekhawatiran jika Paus menggunakan mobil bertenaga surya dan menurut Nitzschke, bukan tenaganya yang menjadi permasalahan. Dengan kubah panel surya antipeluru berukuran besar di atas kendaraan tentunya akan memiliki bobot yang besar pula. Sementara bobot yang berlebihan akan membuat daya jelajah kendaraan kian terbatas. Itulah yang menjadi masalahnya.

Apakah ada kemungkinan Paus mendapatkan mobil tenaga surya idamannya? Tentu saja. Tetapi bukan dalam bentuk panel surya berukuran super besar yang terpancang di atas kendaraan. Karena akan lebih praktis menggunakan kendaraan listrik yang dilengkapi panel surya portabel yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai ketika kendaraan tidak berada dalam rute iring-iringan parade.

sumber : mediaindonesia.com

Entry filed under: Berita. Tags: , , , .

SAMBUT NATAL :: Santa Klaus Tiba di Manokwari… Hasil Survei: Toleransi Beragama Warga Jabodetabek Makin Luntur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Silahkan kunjungi website baru kami YesusCintaIndonesia.com

Categories

Top Clicks

  • None

%d bloggers like this: