Mesir Tahan 156 Warga Kristen

November 27, 2010 at 3:26 am Leave a comment


Kairo – Pihak penuntut umum melontarkan sejumlah tuduhan terhadap 156 warga Kristen Mesir, termasuk kepemilikan bahan peledak dan percobaan pembunuhan, menyusul bentrokan dengan polisi terkait izin pembangunan gereja.

Satu orang meninggal dan 68 lainnya terluka ketika pasukan keamanan menghentikan pembangunan gereja yang melanggar izin bangunan.

Sejumlah warga Kristen yang marah melemparkan batu ke arah polisi anti huru-hara, yang membalasnya dengan tembakan gas air mata dan peluru karet dalam bentrokan yang terjadi di dekat gereja tersebut. Bentrokan susulan berlanjut di tak lama kemudian di luar kantor gubernur.

Jaksa penuntut umum memerintahkan penahanan selama 15 hari bagi mereka yang ditangkap, atas tuduhan sabotase, penyerangan, kepemilikan bahan peledak dan percobaan pembunuhan terhadap polisi.

Sekitar 15 petugas polisi terluka dalam bentrokan itu.

Terdapat sekitar 8 juta warga Mesir penganut Kristen Koptik, atau sekitar 10 persen dari 80 juta penduduk Mesir. Mereka mengeluhkan diskriminasi, meskipun mereka umumnya hidup dalam damai dengan mayoritas Muslim.

Dalam komentar pertamanya setelah kerusuhan, Paus Koptik Mesir, Shenouda III, menyalahkan otoritas lokal karena menggunakan kekerasan terhadap orang-orang Kristen.

“Tuhan telah memberikan wewenang kepada beberapa orang untuk menggunakannya untuk membantu orang-orang yang berada di bawah kewenangan mereka,” katanya dalam kuliah mingguan pada Rabu (24/11) lalu yang dihadiri oleh ribuan warga Kristen, termasuk keluarga para demonstran.

“Kekerasan menimbulkan kekerasan,” katanya, seraya memperingatkan gubernur dan pemerintah daerah terhadap penggunaan kekuatan untuk menghadapi masalah Kristen.

Konstruksi pembangunanan gereja telah diperintahkan untuk dihentikan karena tidak memiliki izin untuk menjadi rumah ibadah, ungkap pemerintah.

sumber : wartanews.com

Entry filed under: Berita. Tags: .

Tolak Pembangunan Gereja, Warga Geruduk Rumah Pastur Justin Bieber – Pray Lyrics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Silahkan kunjungi website baru kami YesusCintaIndonesia.com

Categories


%d bloggers like this: