Warga Sumut Diminta Tidak Terprovokasi

January 24, 2010 at 7:17 pm Leave a comment


JAKARTA–MI: Berkaitan dengan peristiwa pembakaran dua tempat ibadah, gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan Gereja Pantekosta Sibuhuan di Sumatra Utara, Ketua Umum Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama (KAUB) Slamet Effendy Yusuf mengimbau warga Sumatra Utara untuk menahan diri.

Upaya pengusutan tuntas oleh petugas dan dialog antar pemuka agama diharapkan bisa meredam peristiwa tersebut agar tidak membesar dan meluas.

“Kita harus melihat kenyataan, Indonesia adalah bangsa majemuk. Sehingga harus bersikap toleran dan tidak boleh menghalangi orang lain untuk menjalankan ibadah,” tutur Slamet. Kerukunan antar umat beragama adalah jangkar persatuan bangsa, lanjutnya, Minggu (24/1).

Dengan kerukunan yang selama ini terbangun antar umat beragama di Sumatera utara, ia sangat menyesalkan kejadian tersebut, karena vandalisme tidak dapat dibenarkan dari segi apa pun. “MUI mengharapkan aparat untuk bertindak tegas dalam mengambil tindakan hukum,” tekannya.

Senada dengan Slamet, Salahuddin Wahid atau Gus Solah, juga menekankan penindakan tegas oleh aparat terhadap para pelaku yang telah melakukan perusakan. Karena tidak ada satu agama pun, termasuk islam, yang mengajarkan kekerasan.

“Saya menentang tindakan kekerasan. Baik pembakaran, perusakan, bahkan penyegelan,” ujarnya. Ia melanjutkan, penyegelan pun yang berhak melakukannya hanya pemerintah daerah. Itu pun harus dengan alasan dan jalan keluar yang jelas.

Sebelumnya, pada Jumat (22/01), terjadi pembakaran dua tempat ibadah yakni Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan Gereja Pentakosta Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Kejadian tersebut berawal dari protes warga sejak Desember lalu, dengan dalih tempat ibadah belum memiliki izin.

sumber : mediaindonesia.com

Entry filed under: Berita. Tags: , , , , .

Pemerintah Haiti Hentikan Operasi SAR, Makamkan Uskup, Wakil Paus BKAG: Umat beragama dihimbau jaga kekondusifan daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Silahkan kunjungi website baru kami YesusCintaIndonesia.com

Categories


%d bloggers like this: