MANGGARAI : Lima Ruang Kelas Ambruk

January 20, 2010 at 4:34 am Leave a comment


KUPANG (Suara Karya): Akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari belakangan ini, lima ruang kelas di Sekolah Dasar (SD) Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, ambruk rata dengan tanah, Minggu (17/1). Kegiatan belajar-mengajar pun terpaksa dilakukan di sebuah gereja Katolik di daerah itu.

Bupati Manggarai Christian Rotok yang dihubungi melalui Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai, Drs Siprianus Jamun, Senin (18/1) malam, mengakui terjadinya musibah itu dan mengatakan pemerintah setempat sudah mengambil langkah penanggulangan dengan menyekat ruangan di gereja Katolik untuk dijadikan tempat kegiatan belajar-mengajar (KBM), sambil menanti perbaikan gedung sekolah yang rusak itu.

Siprianus Jamun menjelaskan, lima ruang kelas semipermanen itu ambruk karena tidak kuat menahan terpaan angin kencang. Apalagi, usia bangunan itu sudah tua sehingga ketika dihantam angin kencang langsung roboh. Sedangkan tiga ruang kelas lainnya mengalami kerusakan ringan.

Ruang kelas yang rusak itu, menurut Jamun, selain digunakan untuk KBM murid SD, juga menjadi tempat KBM SMPN 4 Ruteng. Tingkat kerusakan sangat parah sehingga ditaksir kerugian mencapai Rp 500 juta.

Dia mengatakan, tim BPBD sudah turun ke lokasi bencana untuk mendata kerusakan dan membuat prakiraan kerugian material.

Berdasarkan kesepakatan dengan kepala SD, Kepala SMPN 4, komite dan masyarakat setempat, siswa kedua sekolah itu untuk sementara menggunakan ruangan gereja sebagai tempat KBM. Ruangan itu sudah disekat dengan tripleks menjadi tiga ruang kelas sementara yang akan dipergunakan secara bergantian oleh murid SD dan siswa SMPN tersebut.

Dia menjelaskan, ruang kelas sementara itu pagi hari dimanfaatkan oleh SD dan pada sore hari untuk KBM SMP. Selain itu, KBM juga memanfaatkan tiga unit kelas yang baru dikerjakan meski belum diadakan serah terima. Untuk kepentingan siswa, menurutnya, pemerintah daerah memutuskan untuk segera memanfaatkan ruang kelas tersebut. (Bonne Pukan)

sumber :  Suara Karya Online

Entry filed under: Berita. Tags: , , , , .

Jemaat HKBP Tambun Utara Kebaktian di Jalan Raya Herald, Kisah Tabloid Mingguan Katolik yang Kukuh Perjuangkan Kata Allah di Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Silahkan kunjungi website baru kami YesusCintaIndonesia.com

Categories


%d bloggers like this: