Gereja Digembok dan Disegel Bupati Bekasi

January 25, 2010 at 1:03 pm 16 comments


Keprihatinan masih meliputi warga HKBP Filadelfia, Kampung Jejalen Jaya, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Sejak Desember 2009 hingga Minggu (24/1), sekitar 150 anggota jemaatnya terpaksa menggelar kebaktian di pinggir jalan karena gereja tempat ibadah mereka digembok dan disegel Bupati Bekasi.

Penggiat demokrasi, HAM dan perburuhan DR. Muchtar Pakpahan yang melakukan pemantauan langsung kepada SIB di Jakarta, Minggu (24/1) mengatakan dengan menggunakan payung dan duduk beralaskan koran serta kardus yang mereka bawa masing-masing, jemaat terlihat tetap bersemangat mengikuti kebaktian. Ibadah pun berlangsung hikmad di bawah pengamanan cukup ketat dari Polres Metro Kabupaten Bekasi dan anggota Kodim.

“Situasi ini sangat memprihatinkan. Belakangan, masalah keagamaan, khususnya penutupan gereja kembali marak. Seharusnya, di era demokrasi seperti sekarang, hal seperti ini tidak perlu terulang lagi,”ujar Muchtar.

Sebelumnya, pimpinan jemaat Filadelpia Pdt. Palti Panjaitan mengatakan pihaknya sengaja tidak memasang tenda di jalan tempat ibadah berlangsung. Ibadah dilakukan secara terbuka seperti ibadah di alam terbuka.

“Kami hanya minta jemaat untuk membawa payung dan alas seadanya. Saya sangat terharu, jemaat tetap bersemangat. Saya sama sekali tidak menyinggung soal masalah penutupan itu dalam khotbah. Kami hanya berdoa syafaat agar mendapat pertolongan Tuhan,” ujar Pdt Palti Panjaitan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Nasional Hak Azasi Manusia(Komnas HAM) telah menyurati Bupati Bekasi menanyakan dasar penutupan dan pelarangan jemaat HKBP Filadelpia beribadah.

Panitia Pembangunan Gereja, Tigor Tampubolon juga mengakui pihaknya telah memperoleh surat tembusan Komnas Ham kepada Bupati Bekasi.

“Kami sudah menerima tembusan surat yang dikirim Komnas Ham kepada Bupati Bekasi dan Kapolres Metro Bekasi. Hanya saja kami belum tahu apakah surat itu sudah direspons atau belum. Kami berharap Komnas HAM dapat membantu mediasi masalah ini,” ujar Tigor.

sumber : hariansib.com

About these ads

Entry filed under: Berita. Tags: , , , , .

Dua Gereja Dibakar di Palas, Anggota DPRDSU Marasal Hutasoit Telpon Langsung Bupati dan Kapolres Tapsel Indonesia-AS Adakan Kerja Sama Lintas Agama

16 Comments Add your own

  • 1. Al haramaiN  |  April 5, 2010 at 11:48 am

    Kalau bisa, jangan membangun gereja di lingkungan kaum muslimin… Apasih tujuanx?? Mau mengkristenkan?? Islam itu tidak bisa dikalahkan.. Hargailah masyarakat islam… Kenapa tidak bangun gereja di tempat kristen?? “sesungguhnya orang orang nasrani dan yahudi tidak akan senang kepada kamu(muslim) sampai kamu mengikuti agama mereka” alquran
    kami sudah menderita 350 tahun dikekang oleh belanda!!!

    Reply
    • 2. hary  |  July 30, 2010 at 10:10 am

      maaf mas saya memang kurang mendalami kitab2 suci. kalo boleh saya belajar diambil dari mana ya ayat tersebut??? terimakasih sebelumnya atas pengajarannya.

      menanggapi penjajahan belanda 350 saya sepakat Indonsesia merdeka, tapi belanda bukan kristen mas. kalo mw buktinya anda baca arsip VOC yang melarang misionaris masuk ke pulau jawa sampai dengan jaman perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia…

      salam orang Indonesia aseli…

      Reply
  • 3. ardath  |  May 14, 2010 at 5:23 am

    jika memang rumah ibadat adalah rumah tuhan kenapa harus dipersulit ijinnya, alangkah lebih baik jika banyak rumah ibadat “yang menyembah Tuhan” berdiri dinegri ini jadi semua bisa beribadat dengan tenang dan bangsa ini terhindar dari bencana terus menerus saya yakin Tuhan bukan melihat apa agama kita tapi apa perbuatan kita…!!kalau mau menyembah tuhan aja dilarang2 ya ndak tau lah nanti kedepannya mau jadi apa bangsa ini, untuk saudaraku semua ayo kita bangkit bersama membangun bangsa ini menuju kekehidupan yang lebih baik jangan terus terbelenggu dengan masalah SARA terus2an ini yang akan membuat kita semakin tertinggal dengan bangsa lain!pokonya kita 100%agama kita dan 100% indonesia titik

    Reply
  • 4. disan  |  May 15, 2010 at 7:13 am

    @ardath: Kalau nyembah duank sih gak bakal dilarang cuy…tp kalau pake mengkristenkan orang Islam, itu yang ente maksud kebaikan. Baca donk berita dan perkembangan agama. Kalau ente bilang Tuhan ngga bakal liat agama, berarti ente ngga usah beragama aja…dasar orang bodo…

    Reply
    • 5. mr. vxv  |  May 29, 2010 at 3:02 pm

      mengkristenkan islam??????????????????
      berarti kalian yg punya pikiran seperti itu….. betapa kasihannya kalian berpikir sempit seperti itu…
      nggak kuat iman dong…
      kesian kesian ….

      Reply
    • 6. hary  |  July 30, 2010 at 10:06 am

      saya bingung dengan agama yang anda maksud…anda menyembah tuhan atau agama???

      menurut saya agama merupakan “kendaraan” yang digunakan untuk bisa sampai kepada Tuhan (bukan Tuhan itu sendiri).

      menurut saya lebih baik tidak beragama dari pada memberhalakan agama. karena tidak beragama bukan tidak bertuhan. kalau anda merasa orang Indonesia, nenek moyang kita tidak beragama (seperti yang dirumuskan oleh kementrian agama). Agama2 yang ada di indonesia saat ini (termasuk yang anda anut mengganggap nenek moyang kita adalah iblis…
      kalo nenek moyang anda iblis berarti anda aya sebagai keturunannya??

      Reply
  • 7. ishak  |  July 27, 2010 at 8:16 am

    Mari kita pikirkan dulu diri kita masing-masing secara mendalam. Mari kita analisa kebenaran nya. mari kita buka hati kita agar bisa dijamah oleh kuasa ROH KUDUS.

    Kita tidak usah khawatir teman ku yang seiman dalam Yesus Kristus. Kita Tunggu saja Tuhan Kita Yesus Kristus datang sebagai Hakim yang adil. Teman ku yang seiman, mari kita jaga iman kita , di Surga Tuhan Kita Yesus Kristus sedang menyiapkan tempat untuk kita bersukacita. Amin.

    Reply
  • 8. ishak  |  July 27, 2010 at 8:36 am

    Tidak ada gunanya berdebat. Kalau mau Tahu ajaran Agama mana yang benar. Mari kita analisa baik dari ajaran agama apapun yang ada di Indonesia. Kita tidak usah fanatik, karena ini HAM. Saya sangat sedih melihat dan mendengar permasalahan diatas ( Penyegelan ). Saya senantiasa mendoakan HKBP FILADELFIA agar Tuhan Segera bertindak untuk hal ketidak adilan itu. Saya yakin Bapa yang maha kuasa akan bertindak tepat pada waktunya.
    Tabahlah sahabat-sahabat ku di HKBP FILADELPIA, jaga, bangun, tabah dan bersabarlah. Semoga orang-orang yang menghalangi firman Tuhan itu dapat sadar sebelum terlambat. Yakin dan Percayalah bahwa Tuhan kita maha tahu. SALAM DALAM NAMA BAPA , PUTRA, DAN ROH KUDUS. AMIN.

    Reply
  • 9. hary  |  July 30, 2010 at 9:54 am

    bicara mengenai kebenaran suatu ajaran agama dengan agama lain menurut saya bukanlah sesuatu yang bijaksana…
    kebenaran agama tertentu hanya menjadi benar bagi orang-orang yang mengimaninnya, namun bagi yang tidak mengimani ajaran tersebut maka kebenaran tersebut tidak lagi berlaku (contoh, kebenaran menurut iman Islam berbeda yang diimani oleh yang beragama HIndu, Budha maupun Kristen)…

    kata “pengkristenan” yang digunakan untuk umat kristen yang mendirikan gereja juga perlu ditelusuri kebenarannya. Kata ini jika ditilik dari tatabahasa Indonesia memiliki unsur pemaksaan dari satu pihak pada pihak lain.

    Terlebih untuk kasus gereja HKBP di atas (sepengetahuan saya HKBP itu gereja yang umatnya rata-rata berasal dari suku batak) menurut saya perlu pengkajian lebih jauh dari pihak2 terkait (pemerintah daerah maupun masyarakat setempat). apakah benar umat di gereja tersebut melakukan hal yang dituduhkan pada mereka (jika tidak maka tuduhan tersebut merupakan fitnah yang tidak bertanggung jawab), atau hanya melakukan ibadah?

    sepanjang hemat saya, didirikannya sebuah bangunan gereja di satu tempat dengan tujuan mendekatkan umat yang ingin beribadah (dalam hal ini sama dengan pendirian Masjid dan Mushalla). dengan demikian pada dasarnya jika satu daerah tidak ingin ada rumah ibadah lain berdiri di wilayahnya, maka daerah tersebut harus menutup diri dari orang luar yang masuk ke daerah tersebut (dengan segala konsekuensi yang harus ditanggung daerah tersebut).

    Reply
  • 10. ishak  |  August 2, 2010 at 9:03 am

    Yang jelas ada masalah yang tersebut diatas ” PENYEGELAN”.
    Mari kita tetap berdoa Kepada Tuhan kita Yesus Kristus, agar Tuhan Mendengar seruan kita dan ada Kabar Cukacita di HKBP Filadefia.

    ” Tuhan Yesus ” ampuni mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. AMIN.

    Reply
  • 11. keluarga saadudin  |  August 31, 2010 at 7:08 am

    Saya sadar bahwa ada apa dibalik penyegelan….
    1. Politik
    2. Pemimpin yang tdk tau mengayomi masyarakatnya.

    SOLUSI ADA 3 :
    1. Mendingan gua beribadah di tempat yang sudah ada ijinnya. Dengan sukacita saya bisa memuji TUHAN YESUS KRISTUS.
    2. Berikan ijin untuk HKBP FILADELFIA. supaya saya bisa beribadah di HKBP FILADELFIA dengan Damai dan sukacita.

    3. Di dalam Nama Yesus Kristus kira Pemimpin dibekasi itu menjadi orang pilihan Tuhan. Amen.

    Reply
  • 12. keluarga besar  |  August 31, 2010 at 7:14 am

    Wahai Warga jemaat HKBP FILADELFIA. Jangan mau dipolitisir.
    artiannya luas dan pikirkan matang2. Jangan mau dipolitisir.
    anda beribadah aja dulu digereja yang sudah ada ijinnya.

    Bentuk tim untuk mengurus ijin. Lanjutkan begitu aja…
    Jangan bimbang. Yakin dan Percaya Hanya Yesus yang dapat menyelesaikan semua ini.

    Reply
  • 13. vina  |  October 14, 2010 at 8:10 am

    Orang kristen itu harus selalu penuh kasih..
    jadi ketika dlm pergumulan alangkah baiknya kita bisa slg duduk tenang, apabila disakiti slu tetap tersenyum, krn dlm alkitab jg dikatakan org kristen itu harus pikul salib dan merasakan penolakan.. Tuhan maha melihat Dia akan membalas setimpal dgn perbuatan stp org jd kita tidak berhak menghakimi sahabat kita yg non kristen, bagaimanapun jg mereka adlh saudara2 yg harus kita kasihi..
    mari kita hidup rukun, tak perlu memperdebatkan siapa yg slh dan siapa yg benar!! krn smua manusia itu salah… GBU

    Reply
  • 14. PENGIKUT KRISTUS  |  October 29, 2010 at 9:01 am

    VINA.. jangan katakan semua orang itu salah.
    Kita adalah pengikut Kristus. Tuhan itu maha tahu siapa yang benar.

    Sampai kapan saadudin cs berkeras hati. seharus nya dia arif mendamaikan, membantu memberi ijin HKBP filadelvia.

    Allah sudah murkah terhadap bangsa ini.
    Tidak ada yang dapat melawan Yesus Kristus.

    Tunggu giliranmu sa’a dududin cs.

    sebelum terlambat bertobatlah. mari berdamai dengan kami pengikut Kristus.

    Kalau saya tetap mengikut Kristus dan menyerahkan masalah-masalah yang dihadapi GEREJA 2.

    Amin.
    Tuhan kita Yesus Kristus menyertai kita semua umatNya.

    JANGAN TAKUT.

    Reply
  • 15. st  |  February 4, 2012 at 4:32 am

    saya setuju mas…seharusnya di era demokrasi dan modern ini tidak ada lagi diskriminasi terhadap para pemeluk agama…

    tidak di indonesia di belahan dunia juga banyak diskriminasi…baik korbannya orang kristen dan juga orang islam…seperti pelarangan cadar bagi mereka orang muslim…susahnya membangun mesjid di eropa…diskriminasi warna kulit di amerika dan intimidasi orang islam yang minoritas.

    dan banyak lagi padahal amerika, perancis, inggris dan negara2 besar lainnya sering menggemborkan kata2 demokrasi…tapi dalam kenyataanya “hanya omong kosong” dimana aja sama…..

    yang aneh bagi saya …kebetulan saya muslim…vatikan boleh menerapkan agama dalam pemerintahannya…tapi mengapa negara lain yang mayoritas muslim dilarang menerapkan agamanya dalam negara…seperti membangun khalifah dan menerapkan hukum2nya…mengapa harus diserang dan dihancurkan … dengan dalih macam2 dan penuh tipu daya seperti di irak dan dimanapun …mengapa…apa dunia ini milik amerika…apa dunia ini milik orang kristen…penderitaan di dalam gereja itu kecil tidak ada seujung kuku yang telah diderita umat muslim dinegara mereka yang diserang oleh negara penjunjung HAM dan demokrasi yaitu Amerika dan cecungguknya…

    mari kita hormati kebebasan agama orang lain agar kita pun dihormati…dan marilah kita jaga kerukunan beragama jangan saling mengganggu dan saling menipu…beragamalah yang jujur dan benar…karena Tuhan Maha Melihat….

    Reply
  • 16. Glory  |  May 17, 2012 at 10:40 am

    mari kita membuka pandangan kita terhadap keberagaman agama,
    perbedaan bukan berarti pemisa tetapi saling menghargai dan menghormati.
    350 tahun indonesia dijajah, bukan hanya pemeluk agama muslim yg dijajah, tetapi umat kristen jg merasakannya, karena penjajahan bukan hanya terjadi di 1 daerah, tapi didaerah lain (Tanah Batak yg sekarang mayoritas penganut kristen) juga mengalami penindasan akibat penjajahan, penjajahan yg dilakukan belanda dan jepang tidak ada sangkut pautnya dengan agama, tetapi ingin menguasai bangsa indonesia, jd bt mas al haramain.. pahami dl sejarah ya…

    dan jg bt mas : begitu indah kalo kita melihat warna warni bunga ditaman. begitu indah juga suatu negara, daerah, masyarakat yg terdiri dari perbedaan suku, bahasa, budaya dan agama.
    dan berdirinya rumah ibadah, itulah tanda bahwa kita adalah manusia beragama.

    kaum muslim yg berdiam didaerah Kristen juga banyak, dan mereka juga mendirikan rumah ibadah..
    tapi apakah kita pernah mendengar saudara2 kita kaum muslim perna merasa terganggu atau diganggu???

    apakah mereka ditolak dan dikatakan ingin mengislamkan????

    mari berpikir Positif dan bukan negatif (anarkis)

    Bt. Saudara2ku umat Kristen HKBP Filadelvia. maju terus. jgn takut.

    karena tantangan, penolakan, hinaan, kebencian akan selalu dtg kepada kita (Umat Kristen), seperti Jesus yg ditolak dan dibenci.
    tetapi Ia tidak kalah, tetapi Jesus menang,, hanya Jesus yg dikatakan Anak Allah, yg dapat hidup dari antara orang mati, dan naik kesorga untuk menyiapkan tempat bg kita yg mau tetap percaya. dan Dia jalan, kebenaran dan hidup, yg dari Jesus la kita bisa sampai kepada Allah Bapa…

    Bapa Ampunilah mereka, sebab mereka tidak tau apa yg mereka perbuat…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Top Clicks

  • None

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: