Kasih Yesus : kasih sejati

May 23, 2009 at 6:05 pm 33 comments


Inti ajaran Yesus ialah cinta kasih. Tidak sekedar cinta, namun kasih yang tanpa syarat, bebas dari pamrih, dan tidak mementingkan diri sendiri.

Matius 5:38-42
5:38  Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39  Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Yesus mengatakan bahwa Kasih adalah dasar dari seluruh hukum taurat dan kitab para nabi.
Matius 22:37-40
22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Yesus tidak hanya mengajarkan kasih, tapi menerapkan kasih itu dalam seluruh pelayananNya selama di bumi :
1. Yesus dengan senang hati menyembuhkan orang sakit

Yesus menyembuhkan orang yang sakit kusta
Mat 8:2   Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”
Mat 8:3   Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira
Mat 8:5  Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:
Mat 8:6  “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.”
Mat 8:7  Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.”
Mat 8:8  Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Mat 8:9  Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.”
Mat 8:10  Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
Mat 8:11  Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
Mat 8:12  sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”
Mat 8:13  Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: “Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya.” Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus
Mat 8:14  Setibanya di rumah Petrus, Yesuspun melihat ibu mertua Petrus terbaring karena sakit demam.
Mat 8:15  Maka dipegang-Nya tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya. Iapun bangunlah dan melayani Dia.
Mat 8:16  Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit.
Mat 8:17  Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.”

dan masih banyak mujizat kesembuhan lain (dilakukan oleh Yesus)  :
–  Yesus menyembuhkan dua orang yang kerasukan (Matius 8:28–34)
–  Yesus menyembuhkan orang lumpuh (Matius 9:1-8)
–  Yesus menyembuhkan anak kepala rumah ibadat dan perempuan yang sakit pendarahan (Matius 9:18-26)
–  Yesus menyembuhkan mata dua orang buta (Matius 9:27-31)
–  Yesus menyembuhkan seorang bisu (Matius 9:32-34)
–  Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat (Matius 12:9:15a)
–  Yesus menyembuhkan orang-orang sakit di Genesaret (Matius 14:34-36)
–  Yesus menyembuhkan banyak orang sakit (Matius 15:29-31)
–  Yesus memberi makan empat ribu orang (Matius 15:32–39)
–  Yesus menyembuhkan seorang anak muda yang sakit ayan
–  Yesus menyembuhkan dua orang buta (Matius 20:29-34)
kisah mujizat kesembuhan lainnya (yang dilakukan oleh Yesus) juga dituliskan dalam kitab Markus, Lukas dan Yohanes.

2. Yesus membangkitkan orang mati
– Yesus membangkitkan anak Yairus  (Lukas 8:40-56)
– Yesus membangkitkan Lazarus (Yohanes 11:1-44)
semua mujizat yang dilakukan Yesus bukan untuk maksud pamer, tapi semuanya berlandaskan atas kasihNya yang besar kepada umat manusia.

3. Yesus memberi makan orang yang kelaparan

Yesus memberi makan lima ribu orang (Matius 14:13–21)
Yesus memberi makan empat ribu orang (Matius 15:32–39)

4. Yesus mengampuni orang-orang yang membenciNya

Yesus menyembuhkan telinga orang yang hendak menangkapNya
Luk 22:49  Ketika mereka, yang bersama-sama dengan Yesus, melihat apa yang akan terjadi, berkatalah mereka: “Tuhan, mestikah kami menyerang mereka dengan pedang?”
Luk 22:50  Dan seorang dari mereka menyerang hamba Imam Besar sehingga putus telinga kanannya.
Luk 22:51  Tetapi Yesus berkata: “Sudahlah itu.” Lalu Ia menjamah telinga orang itu dan menyembuhkannya.

Pada saat itu, Yudas (yang menghianati Yesus) bersama dengan sepasukan prajurit dan penjaga-penjaga Bait Allah yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata, datang hendak menangkap Yesus. Salah seorang murid (dari injil Yohanes, dijelaskan bahwa murid itu adalah Petrus – Yohanes 18:11), menghunuskan pedang dan memotong telinga salah seorang hamba imam besar (yang hendak menangkap Yesus). Sangka Petrus, dia harus membela Yesus dengan jalan menghunus pedang. Tapi Yesus memerintahkan Petrus untuk menghentikan niatnya.
Mat 26:52  Maka kata Yesus kepadanya: “Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. Yesus kemudian menjamah (menyembuhkan) telinga hamba imam besar itu.
Luk 22:51  Tetapi Yesus berkata: “Sudahlah itu.” Lalu Ia menjamah telinga orang itu dan menyembuhkannya.

Yesus mengampuni orang-orang yang menyalibkan Dia
Luk 23:33  Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya.
Luk 23:34  Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”


5. Yesus memberikan nyawanya sebagai tebusan bagi umat manusia

Kasih yang sesungguhnya teramat besar ditunjukkanNya ketika Dia menyerahkan nyawaNya bagi umat manusia.- “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik. Memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” (Yohanes 10:1-42)
“Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Markus 10:45)

—————————————————————————————————

Entry filed under: Renungan. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Ajaran Yesus tentang sesama Yesus : Jangan Khawatir !

33 Comments Add your own

  • 1. Anak Adam  |  December 21, 2009 at 3:23 pm

    Allah telah menghalangi Bani Israil di kala Isa putra Maryam mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata.”

    Dan Allah telah mengilhamkan kepada pengikut Isa yang setia: “Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada Rasul-Ku “. Mereka menjawab: Kami telah beriman dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami muslimuun (orang-orang yang berserah diri)”.

    Inilah anugrah yang Allah berikan padanya. Dan Allah maha mengetahui apa yang telah beliau usahakan.

    إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَىٰ إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۖ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

    ketika Allah berfirman: “Wahai Isa, sesungguhnya Aku mewafatkanmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya”.
    QS. Ali Imran (3) : 55

    فَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَأُعَذِّبُهُمْ عَذَابًا شَدِيدًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَا لَهُم مِّن نَّاصِرِينَ

    Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.
    QS. Ali Imran (3) : 56

    وَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُوَفِّيهِمْ أُجُورَهُمْ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

    Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.
    QS. Ali Imran (3) : 57

    Inilah berita gembira yang Allah sampaikan padanya. Janji Allah benar. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

    Reply
    • 2. pengikutYesus  |  December 21, 2009 at 3:33 pm

      Thanks atas comment-nya

      dengan segala hormat, maaf saya tidak mau berdebat masalah seperti ini.

      kita semua bersaudara..biarlah kamu tetap pada apa yang kamu percayai dan sy tetap pada apa yg saya percayai

      God Bless You

      Reply
      • 3. Anak Adam  |  December 22, 2009 at 6:41 am

        Anda betul, kita jangan seperti mereka yang berpecahbelah setelah datang kepada mereka keterangan yang nyata.

  • 4. anak tuhan  |  August 4, 2010 at 1:13 pm

    betapa indahnya jika kita hidup saling menghargai perbedaan kita semua ada lah saudara

    Reply
  • 5. Liliek Soepatmi  |  November 16, 2010 at 7:24 am

    Sudah seharusnya siapapun yang merasa memiliki keyakinan terhadap Allah , bersikap baik dan saling menghormati. Jangan berselisih dalam hal ini , terlebih lagi berdebat ataupun saling menghina . Karena ini tidak lagi sesuai dengan yang diyakini.Dan hanya akan membawa orang lain pada kemunduran minat thd. keyakinan tsb. Baiklah semua berlomba lomba dalam kebaikan untuk memuliakan Allah yang mereka percaya dalam iman.

    Reply
  • 6. christian  |  November 27, 2010 at 8:07 pm

    @Liliek Soepatmi
    yup saya setuju dgn anda, kita sebaiknya saling menghormati dan tidak saling menghina.
    btw thanks atas komennya & sering2 berkunjung yach
    Tuhan Memberkati

    Reply
  • 7. doni  |  December 19, 2010 at 6:30 am

    kenapa sih sauadaraku muslim ini selalu aja mencari-mencari dan membandingkan ajaran kristen dengan ajrannya dan membandingkan alkitab ijil dengan alqur an. kok g bosan ya……..

    Reply
  • 8. agusyp  |  February 18, 2011 at 6:36 am

    Kaish tidaklah saling menjelekan satu dengan yang lain. kita tetap harus mengasihi walupun kita dihina dan dianiaya. GBU all

    Reply
  • 9. dagna  |  August 15, 2011 at 10:04 am

    saya percaya semua agama mengajarkan cinta kasih dan perdamaian, semua agama. apakah dengan cara begini anda mengaplikasikan kasih dan perdamaian sebagaimana seharusnya seperti yang diajarkan oleh setiap agama?

    Reply
    • 10. m. idris syah  |  September 4, 2012 at 8:05 am

      anda salah dagna tidak semua agama mengajar cinta kasih, ada agama yang mengajar pembunuhan, poligami, pemaksaan kehendak , pedofil, kekerasan dan kejahatan lainnya….

      Reply
  • 11. rizqy rimbapakza  |  October 7, 2011 at 5:48 am

    kasih adalah landasan keberadaan surga di bumi, masih menjadi tanda tanya bila kita meninggal, apakah kita akan diterima di surga ? alangkah baiknya sebelum kita merasakan keadaan surga nanti, dengan kasih kita bisa mewujudkan keadaan surga di bumi kita ini.

    Reply
  • 13. simon mt  |  February 6, 2012 at 1:50 pm

    YESUS adalah TUHAN????orang yg mragukan keillahian YESUS,Karena haya meliahat yesus secara jasmaniah saja,colbalah secara ROH…rohani..karena ALLAHadalah ROH dan beringkarnasi dlm wujud manusia YESUS….iman kristiani sdh jauh melihat secara rohani,….bukan dunua fisik yrdisebarkan…..

    Reply
  • 14. mbah  |  February 22, 2012 at 11:30 am

    saudaraku kaum nasrani semoga kalian mendapatkan ridho Allah swt dan keluar dari ajaran yang selama ini telah hilang kemurniaanya dan dirusak oleh orang2 yang suka membuat kerusakan akan ajaran suci nabi Isa as.

    Reply
    • 15. m. idris syah  |  September 4, 2012 at 8:08 am

      mbah saya kristen, jadi tertawa membaca coment kamu jadinya kaya : MALING TERIAK MALING

      Reply
  • 16. mbah  |  February 22, 2012 at 11:34 am

    jika memang ajaran kristus mengajarkan cinta, kenapa para penjajah dan misionaris kristen mengambil dan menjajah serta membunuh banyak suku di dunia, suku indian, maya, inca, aborigin dll. dan mereka suka menjajah dan membuat kerusakan, ada yang salah disini hingga banyak kaum kristen yang mengakui agamanya cinta damai. karena mereka hidupnya serba materialis, tidak ada cinta kasih bila hidup cuma didasari materi.

    Reply
    • 17. m. idris syah  |  September 4, 2012 at 8:10 am

      mbah memang tidak semua orang kristen itu baik,yang baik itu ajarannya, sama seperti orang islam tidak semuanya jahatkan….

      Reply
  • 18. bawe  |  April 19, 2012 at 5:01 am

    bwt saya Yesus adalah no one.
    jadi apa’pun kata dunia ttng Dia saya tdk perduli, saya tidak akan berhenti mencintai-Nya. seperti Dia juga mencintai saya.
    dan seandai-nya anda tahu seperti apa indahnya hidup di dalam Yesus, lutut anda akan bertelut, mulut dan lidah anda’pun mengaku bahwa Yesus LUARBIASA.
    JBU.

    Reply
    • 19. m. idris syah  |  September 5, 2012 at 1:03 am

      YESUS KRISTUS LEBIH DARI SUPERSTAR

      Reply
  • 20. anak YESUS  |  June 9, 2012 at 2:24 pm

    temen2 seiman, jangan sedih ya klo kita di nista dan di caci maki agama lain, krn Yesus adalah Tuhan yg luar biasa..
    dan sungguh luar biasa ayat firman Tuhan ini 1 petrus 4:14 “Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.”
    kita hrs tetep berbahagia dan bersyukur walaupun di caci maki oleh agama lain dan jangan membalasnya..
    semoga kasih karunia menyertai kalian semua..

    Reply
  • 22. Abigail vda  |  September 13, 2012 at 5:13 am

    kami adalah pengikut Yesus,dan akan dijadikan diatas orang2 yang bukan pengikut Yesus hingga hari kiamat.
    Jesus love You all

    Reply
    • 23. Albiasa bae  |  November 12, 2012 at 3:00 pm

      sempakan doang

      Reply
  • 24. nama kontol gw yesus kristus  |  January 9, 2013 at 11:55 pm

    Yg di salib itu sbenernya yudas,tp orng nasrani nyebutnya yesus..ok lah,apa pun namanya mahluk hina yg gelantungan di tiang salib itu, yg parah nya dia stengah telanjang pula.. Harusnya di bakar tu patung salib krna pornografi.. Mukanya yesus mirip kontol gw.

    Reply
    • 25. debisantoso  |  January 25, 2013 at 1:40 am

      Sekarang Βîڪä diliat low Kǝlόώ ☺яåήԍ yg percaya YESUS itu penuh cinta dan kasih,buktinya apapun penilian ☺яåήԍ ttg YESUS bahkan dihina sekalipun mereka sll berkata God bless you dan tidak membalas hinaan mereka.mungkin yg menghina orang2 yg agamanya sesat kali yaaa,gak bermoral.!

      Reply
    • 26. el  |  May 13, 2013 at 7:32 am

      dasar banci,ucapanmu bagai ucapan seorang idiot,yg tidak pernah mendengar hal2 baik. apa dirumah ortumu tidak ajarkan hal2 yang baik ya???

      Reply
    • 27. Toton  |  August 8, 2013 at 1:17 pm

      Jangankan engkau menghina TUHAN ku, BAPA di surga, engkau menghina sesama manusia saja, itu sudah berdosa, apalagi engkau menghina Suatu Pribadi Yang Maha Sempurna, biarlah apa yang engkau katakan itu di catat, dan semua itu dpt engkau pertanggung jawab nanti pada TUHAN YESUS menyatakan diri kepadamu, GBU

      Reply
  • 28. christian  |  February 26, 2013 at 4:20 am

    YESUS juru selamatq di dunia ini.
    Haleluya.

    Yang pada menghina di sini itu banci,lebih baik hina di depan muka sy klo mank anda bernyali.

    Sy Christian.
    Alamat jln aspol polrestabes surabaya jalan sikatan no 1.

    Sy tggu.
    GBU.

    Reply
  • 29. el  |  May 13, 2013 at 7:26 am

    puji tuhan ,haleluya..
    kasih itu datang dari allah. kasih itu lemah lembut,tidak pemarah, tdk cemburu, suka menolong dan selalu memaafkan dosa orang lain.dan kasih akan mengalahkan dunia.!!!

    marilah kita tidak saling bermusuhan dan menghina “yesus” sang mesias, karena dia adalah allah yg agung.yg sanggup melakukan segala perkara.

    Reply
  • 30. jack  |  May 26, 2013 at 5:15 pm

    Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namamu,datanglah kerajaanmu jadilah kehendakmu diatas bumi seperti didalam surga
    Berilah kami rejeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami
    Seperti kami pun mengampuni yg bersalah kepada kami
    Dan janganlah masukan kami ke dalam percobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat,
    Amin.

    Reply
  • 31. Damai  |  June 12, 2013 at 12:50 pm

    Sudahlah,kita memang harus saling menghormati…….“10.orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.11. Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah imandan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.13. Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”.Q.S al hujurat-10-13

    Reply
    • 32. Toton  |  August 8, 2013 at 1:13 pm

      Haleluyah, amin

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: