Yesus Kristus bangkit dari kematian dan naik ke surga

May 20, 2009 at 2:40 pm 8 comments


Injil Markus
16:1  Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.

16:2  Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.

16:3  Mereka berkata seorang kepada yang lain: “Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?”

16:4  Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.

16:5  Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut,

16:6  tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.

16:7  Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu.”

16:8  Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.

16:9  Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

16:10  Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.

16:11  Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.

16:12  Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.

16:13  Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya.

16:14  Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.

16:15  Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

16:16  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

16:17  Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

16:18  mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

16:19  Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

16:20  Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

————————————————————————————

Dia yang datang dari Surga kembali ke Surga untuk menyediakan tempat bagi kita di rumah Bapa.

KenaikanNya memberikan janji pada kita bahwa IA akan datang kembali menjemput kita.

Mengingatkan kita bahwa kita hanya singgah saja di bumi ini, dan rumah kita yang sesuangguhnya adalah di Surga kekal.

Ini sangat membahagiakan, dan membuat kita tidak memiliki ketakutan di dunia yang fana ini…karena kita sudah memiliki tempat takut satu2nya yang benar. Yaitu takut akan ALlah.

——————————————————————————————————————–
Dalam pelayanannya selama tiga setengah tahun Yesus banyak  melakukan mujizat :
– menyembuhkan orang sakit,
– mengusir setan,
– mengendalikan alam,
– membangkitkan orang mati,
– dan yang paling utama mengajar serta memberi teladan (moral tingkat tinggi – atas dasar kasih)

Injil Matius
– Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta (8:1-4)
– Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum (8:5-13)
– Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus dan orang-orang lain (8:14-17)
– Yesus meredakan angin ribut (8:23–27)
– Yesus menyembuhkan dua orang yang kerasukan (8:28–34)
– Yesus menyembuhkan orang lumpuh (9:1-8)
– Yesus menyembuhkan anak kepala rumah ibadat dan perempuan yang sakit pendarahan (9:18-26)
– Yesus menyembuhkan mata dua orang buta (9:27-31)
– Yesus menyembuhkan seorang bisu (9:32-34)
– Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat (12:9:15a)
– Yesus memberi makan lima ribu orang (14:13–21)
– Yesus berjalan di atas air (14:22–33)
– Yesus menyembuhkan orang-orang sakit di Genesaret (14:34-36)
– Yesus menyembuhkan banyak orang sakit (15:29-31)
– Yesus memberi makan empat ribu orang (15:32–39)
– Yesus menyembuhkan seorang anak muda yang sakit ayan
– Yesus menyembuhkan dua orang buta (20:29-34)
– Kebangkitan Yesus (28:1-10)

Injil Markus
– Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus dan orang-orang lain (1:29–34)
– Yesus menyembuhkan orang lumpuh (2:1–12)
– Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat (3:1–6)
– Yesus menyembuhkan banyak orang (3:7-12)
– Yesus meredakan angin ribut (4:35-41)
– Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa (5:1-20)
– Yesus membangkitkan anak Yairus dan menyembuhkan seorang perempuan yang sakit pendarahan (5:21-43)
– Yesus memberi makan lima ribu orang (6:30-44)
– Yesus berjalan di atas air (6:45-52)
– Yesus menyembuhkan orang-orang sakit di Genesaret (6:45-52)
– Yesus menyembuhkan seorang tuli (7:31-37)
– Yesus memberi makan empat ribu orang (8:1-10)
– Yesus menyembuhkan seorang buta di Betsaida (8:22-26)
– Yesus mengusir roh dari seorang anak yang bisu (9:14-29)
– Yesus menyembuhkan Bartimeus (10:46-52)
– Kebangkitan Yesus (16:1-8)

Injil Lukas
- Yesus menyembuhkan ibu mertua Simon Petrus dan orang-orang lain (4:38-41)
– Penjala ikan menjadi penjala manusia (5:1-11)
– Yesus melakukan mujizat melalui Simon
– Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta (5:12-16)
– Orang lumpuh disembuhkan (5:17-26)
– Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat (6:6-11)
– Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum (7:1-10)
– Yesus membangkitkan anak muda di Nain (7:11-17)
– Angin ribut diredakan (8:22-25)
– Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa (8:26-39)
– Yesus membangkitkan anak Yairus dan menyembuhkan seorang perempuan yang sakit pendarahan (8:40-56)
– Yesus memberi makan lima ribu orang (9:10-17)
– Yesus mengusir roh dari seorang anak yang sakit (9:37-43a)
– Menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat (13:10-17)
– Lagi penyembuhan pada hari Sabat (14:1-6)
– Kesepuluh orang kusta (7:11-19)
– Yesus menyembuhkan seorang buta dekat Yerikho (18:35-43)
– Kebangkitan Yesus (24:1-12)

Injil Yohanes
– Kebangkitan Yesus (20:1-10)

—————————————————————————————————-

Bukti bahwa Yesus bangkit dari antara orang mati dan naik ke surga :

1. Kubur Yang Kosong
Semua pihak baik murid-murid Yesus,  imam-imam kepala dan orang Romawi mengakui bahwa kubur tersebut kosong.

Pertanyaannya bagaimana kubur tersebut bisa kosong? Apakah ada yang mencuri mayat Yesus?

Tidak ada alasan bagi orang Romawi untuk mencuri mayat Yesus, apalagi imam kepala dan orang Farisi.

Dalam Matius 28:13 dikatakan bahwa sesudah mengetahui bahwa kubur Yesus kosong, imam-imam kepala berunding dan memutuskan untuk membuat kabar bohong, yaitu bahwa murid-murid Yesus mencuri mayat Yesus pada malam hari.

Apakah para murid mencuri mayat Yesus?
Jika kita renungkan kondisi mereka pada saat itu, hal tersebut tidak mungkin terpikir dalam benak mereka. Mereka dalam keadaan hancur dan tercerai-berai, mereka begitu percaya kepada Yesus, tetapi kemudian Yesus ‘mengecewakan’ mereka ketika mati dikayu salib. Mereka bahkan tidak ingat bahwa Yesus pernah berkata bahwa Ia akan bangkit kembali pada hari yang ke tiga (Luk 24:5-8).

Jika benar para murid mencuri mayat Yesus maka semua pekerjaan dan pelayanan mereka, bahkan kematian mereka sebagai martir didasarkan pada kebohongan mereka sendiri. Itu pun dengan asumsi mereka bisa melewati pengawalan ketat dari tentara-tentara Romawi yang menjaga kubur Yesus, menggulingkan batu penutup pintu kubur yang sangat berat, melepaskan kain kafan dan melipatnya dengan rapi dan kemudian mengeluarkan mayat Yesus, semuanya dilakukan tanpa diketahui oleh para penjaga.

2. Saksi Mata

Selama 40 hari sejak hari kebangkitannya, Yesus menampakkan diri kepada :
– Maria Magdalena (Mrk 16:9-10),
– kepada wanita lain (Mat 28:9-10),
– kepada dua murid dalam perjalanan ke Emaus (Luk 24:13-32),
– kepada Petrus (Luk 24:34),
– kepada Tomas dan para rasul yang lain di loteng atas (Luk 24:36, Yoh 20:19, 20:26-31),
– kepada tujuh murid di laut Galilea (Yoh 21),
– kepada murid-murid di Galilea (Mat 28:16-20),
– kepada Yakobus (I Kor 15:7),
– kepada mereka semua yang menyaksikan Yesus naik ke Surga (Kis 1:9-10) dan
– kepada Paulus (I Kor 15:8, Kis 9:3-7, 27).

Rasul Paulus juga mencatat bahwa sesudah kebangkitannya, Yesus menampakan diri kepada 500 orang sekaligus, bahkan beberapa orang ada yang masih hidup pada saat Paulus menulis surat tersebut (I Kor 15:6).

Perihal kesaksian Maria Magdalena dan para wanita yang lain, patut dicatat bahwa pada masa itu, peranan wanita kurang mendapat perhatian, bahkan seorang wanita tidak dapat dijadikan saksi dalam suatu perkara di pengadilan. Tetapi penulis Alkitab menulis bagaimana Maria Magdalena menjadi orang yang pertama kali melihat Yesus sesudah bangkit. Tentunya jika penulis Alkitab mencoba membuat rekayasa, mereka tidak akan menulis bahwa seorang wanita menjadi saksi, karena hal tersebut akan membuat tulisan mereka tidak dipercaya. Tetapi penulis Alkitab harus mencatat apa adanya tanpa rekayasa, karena memang Maria Magdalena, dan wanita lainnya menjadi saksi kebangkitan Yesus. Kejujuran penulis Alkitab ini menjadi saksi bahwa peristiwa kebangkitan ini bukan rekayasa.

3. Lahirnya Gereja dan banyak orang bertobat
Dalam Kitab Kisah Para Rasul 2, dicatat bahwa pada hari Pentakosta, sesudah menerima pencurahan Roh Kudus di loteng atas, Rasul Petrus berkhotbah kepada orang banyak.
Isi khotbah Rasul Petrus adalah mengenai kematian dan kebangkitan Yesus.
Petrus mengatakan bahwa Yesus disalibkan dan dibunuh (ayat 23) kemudian Allah membangkitkan Dia (ayat 24), dan mereka semua adalah saksinya (ayat 32, kata “kami” dalam Alkitab Bahasa Inggris (KJV) diterjemahkan menjadi “kita”, “we all are witnesses”).

Tentunya dari sedemikian banyak orang yang hadir di situ pasti akan menolak dan menyanggah pernyataan Petrus jika mereka memang tahu bahwa Yesus tidak mati dan bangkit kembali. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya, 3.000 orang bertobat pada hari itu, kemudian bertambah 5.000 dan kemudian hari semakin banyak orang menjadi Kristen (Kis 2:41-47) bahkan sampai sekarang.

Hanya dalam hitungan beberapa minggu dimulai dari Yerusalem, kota di mana Yesus disalib, kekristenan menyebar dengan pesat bahkan kemudian berhasil membuat kekaisaran Romawi bertekuk lutut. Dengan satu dasar yaitu bahwa Yesus Kristus mati sebagai tebusan bagi dosa seluruh manusia , pada hari ketiga bangkit dari kematian, naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah., dan kemudian akan datang kembali untuk mengaungerahkan keselamatan bagi yang menantikan Dia

—————————————————————————————————–

About these ads

Entry filed under: Renungan. Tags: , , , , , , , , , , , , .

Nama Yesus Berkuasa Apa yang dunia peroleh dari Yesus Kristus ?

8 Comments Add your own

  • 1. Maren Kitatau  |  May 20, 2009 at 3:46 pm

    Yah!
    Takut akan Tuhan,
    Awal segala berkat.

    Lagunya baru dan bagus,
    Laguku jelek dan tua dan berdarah,
    Syairnya mungkin bagus karna kucipta.
    Pls visit and listen and coment!
    Tq!

    Salam Maya!

    Reply
  • 2. dalamnamayesus  |  May 20, 2009 at 4:07 pm

    Hi Maya

    thanks bgt dah berkunjung

    lagunya saya ambil dari youtube :) sy suka banget ama suaranya nikita – kerennnn

    moga2 bisa jadi berkat bagi kita semua yang mendengarkan

    shalom – GBU

    Reply
  • 3. Maren Kitatau  |  May 21, 2009 at 2:13 pm

    Aku bukan maya,
    Pun bukan ayam,
    Pan Maren Kitatau!

    Kemaren kita tau,
    Sekarang kita kerjakan,
    Agar besok kita menjadi
    Hehe!

    Ehh!
    Mana komenmu pd syair Alhambra-ku, dal?
    Ku tunggu yah! Tq udah mampir!

    Salam Pikir Tiga!

    Reply
  • 4. dalamnamayesus  |  May 21, 2009 at 9:37 pm

    Hi Maren

    sorry bgt deh…gw kirain namanya Maya…jadi malu deh :)

    syair Alhambranya keren bgt….

    thanks..

    Reply
  • 5. Maren Kitatau  |  May 21, 2009 at 10:54 pm

    No problem, dal!
    Kagok juga aku panggil kau “dal”,
    Tapi gimana lagi caranya yg kilat.

    Aku sedang buat poster baru:
    “Kemaluan ada tiga”
    Komen yah!

    Salam Damai!

    Reply
  • 6. dalamnamayesus  |  May 22, 2009 at 12:39 am

    nyantai aza… dal juga keren kok :)

    “Kemaluan ada tiga” ?
    wah..wah…judulnya bener2 bisa buat orang penasaran :)

    udah dipost ato blom ? kok di halaman pertamanya blom ada ?

    thanks – GBU

    Reply
  • 7. Maren Kitatau  |  May 22, 2009 at 4:34 pm

    Lihatlah sekarang,
    Komenin sebisamu,
    Kali-kalai ada makna!

    Salam Pikir Tiga!

    Reply
  • 8. Maren Kitatau  |  June 2, 2009 at 5:52 pm

    Hi! Dal!

    Apa khabar!
    Jesus, sentral perhatian!

    Jahudi telah membunuhnya,
    Islam menangkis kematiannya,
    Kristen mengakui Dia mati, bangkit, naik ke Surga.

    Mati, bangkit dan naik ke Surga.
    Satu dari kejadian itu tak ada,
    Tidak lah Dia Tuhan.

    Jahudi mengakui mati-Nya,
    Islam mengakui ke Surga-Nya,
    Kristen mengakui ke dua-Nya dan bangkit-Nya.
    Ada tiga pengakuan kita.

    Salam Pikir Tiga!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: